Rabu, 08 September 2010

Investasi Vs Sedekah

Minggu pagi yang lalu seorang kenalan datang ke rumah menawarkan suatu bentuk investasi. Investasi apa ya..? bla..bla.. bla.. ngobrol sana sini. Saking asyiknya dua jam berlalu begitu cepat (maklun hari minggu, puas-puasin biar pikiran gak stress). Banyak pertanyaan yang timbul saat itu (legalitas, alamat kantor, badan usaha, keamanan usaha, dll). Hal itu saya lakukan karena begitu banyak penipuan yang berkedok investasi (baik offline maupun online/internet). Begitulah yang terjadi setiap ada yang menawarkan bentuk investasi kepada saya.

Ketika tamu udah pulang, eh.. anak saya yang tertua (kelas 3 SD) ngampirin sambil bertanya "Investasi itu apa sih?". Saya dibuat melongo karena baru sekarang sadar bahwa saya gak tau arti investasi. Malu ama anak, saya bilang aja "Investasi itu penanaman modal". Setelah dia pergi, cepat-cepat saya buka laptop untuk googling sana sini mencari pengertian dari investasi. 30 menit berlalu untuk sampai pada kesimpulan yang membuat saya lega.

Investasi adalah suatu bentuk pengorbanan atau pengalokasian dana untuk memperoleh hasil yang lebih besar dan stabil. Jadi beda lo..ama judi (bisa bangkrut deh hehehe). Mendengar kata pengorbanan membuat saya teringat kalimat "..maka shalat dan berkorbanlah", "sedekah dapat menolak bencana", dll. yang sering terdengar di acara-acara ceramah agama. Klop udah.., kesimpulannya sedekah sama dengan investasi, yang berbeda hanya masalah tujuan. Kalo investasi tujuannya di dunia sedangkan sedekah lebih luas (di dunia dan akhirat). Oh.. ya ada lagi yang berbeda antara sedekah dengan investasi, ayo apa? Kalo investasi penjaminnya badan usaha/perorangan (makhluk) sedangkan sedekah penjaminnya "Yang Maha Dapat Dipercaya". Sekarang pilih jalankan yang mana, investasi ato sedekah ato keduanya? Pilihan ada ditangan Anda ... :)

Semoga bermanfaat.


Artikel terkait:
Keajaiban Rejeki: Program 99 Hari
Bisnis Internet: Ternyata eh ternyata
Bisnis Internet: Modal Dengkul?

1 komentar: